Breaking News

6/recent/ticker-posts

Giat Sosialisasi Bahaya Narkoba Berkolaborasi Dengan BNNK Simalungun, BI, Pelayanan Pajak Serta Pengusaha Sukses

Tarunaglobalnews.com

Sidamanik -- Dewasa ini dengan kemajuan jaman dan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih,dampak positif dan negatif di dalam aspek kehidupanpun meningkat.

Dampak Sosial dan ekonomi akibat penyalahgunaan Narkoba pun terus meningkat dan mengkhawatirkan akibatnya menyebabkan kerugian-kerugian Individu bahkan Negara membuat terpuruknya moral anak anak bangsa.

Dari hasil penelitian yang dilakukan BNN Secara periodik setiap tiga tahunnya,angka prevalensi narkotika tahun 2011 pada angka 2,23%, di tahun 2014 pada angka 2,18 %, selanjutnya ditahun 2017 pada angka 1,17 %, kemudian pada tahun 2019 pada angka 1,80% atau 3.419.188 jiwa pada kelompok usia 10-59 tahun dan dikabarkan hingga saat ini ditahun 2021 masih dalam penelitian capaian angkanya meningkat.

Melihat situasi tersebut membuat sekelompok Pemuda Kreatif Milenial mengajak kaum milenial untuk lebih kreatif dengan tidak menggunakan narkoba pada acara kegiatan sosialisasi tentang bahaya narkoba dalam konteks dampak ekonomi dan Sosialnya.Senin (27/9/21) yang dilaksanakan Di Sekolah Yayasan Pendidikan SMA Dharma Budi Kecamatan Sidamanik,Kabupaten Siamlungun Sumatera Utara.

Pihak pegiat dalam hal ini lebih mengarah tentang Dampak Sosial Ekonomi penyalahgunaan Narkoba,dengan berthemakan "YOU USE YOU LOSS","Milenial Kreatif Tanpa Narkoba".

Kegiatan tersebut yang Digawangi Oleh sekelompok pengamat dan pemerhati lingkungan sosial ekonomi yakni Rafi Udin Abdilah,Pranoto,Slamat Suryadi S.Pd.I, dan Riko yang bekerjasama dengan BNNK Simalungun,Bank Indonesia Wilayah Pematang Siantar, Kantor Pelayanan Pajak Pematang Siantar, PTPN 4 Unit Teh dan Sekolah YPI Dharma Budi yang masing-masing berfungsi sebagai narasumber dan disponsori oleh Media Online TARUNAGLOBALNEWS.COM, TAQOMA ,BAREN COFFEE berjalan dengan sukses.

Disamping itu juga mengundang unsur Steakholder terkait seperti Forkopimcam Sidamanik serta tokoh Masyarakat dan Agama di lingkungan sekitar.

Adapun Sasaran kegiatan tersebut lebih kearah Anak-anak para pelajar yang mana nantinya setelah lulus dari Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA Sederajat) lebih matang untuk proses selanjutnya arah tujuan mereka, apakah lanjut ke dunia akadimisi atau membuka peluang usaha.

Dalam Sambutan pada kegiatan tersebut Rafi selaku ketua pergerakan tersebut mengatakan selamat datang dan terimakasih terhadap pihak pihak yang bersedia bekerjasama dalam kesuksesan kegiatan itu sebagai Narasumber dan memotivator kepada kaum pelajar khususnya anak SMA agar sukses menentukan pilihan setelah lulus sekolah nantinya,

Rafi mengajak kaum milenial khususnya kaum pelajar agar sukses setelah lulus SMA dengan menentukan pilihan tepat tentunya menjauhkan diri dari narkoba,

Kepala BNNK Simalungun Kompol Suhana Sinaga, S.Kom.,M.Si menjelaskan mengenai kepada peserta pelajar SMA yang mengikuti kegiatan tersebut tentang seputar Narkotika,baik itu tentang hukum,sanksi,bahaya dan dampak yang dialami,serta seluruh kaiitannya mengenaik Spesifikasi khusus dan umum lainya.

Sementara Manager PTPN IV Unit Teh,Hwin Dwi Putra ikut serta sebagai narasumber seputar motivasi untuk sukses dengan menjauhi Narkoba,Hwin menceritakan sejarah dan profil perjalanan pendidikan dan kehidupan masa sekolah hingga mampu sukses yang dicapai sebagai Pimpinan Perusahaan BUMN, semua berkat tidak ada rasa keinginan untuk mengenal Narkoba dan terlibat dalam penyalahgunaan Narkotika.

Perwakilan dari Bank Indonesia yang turut andil dalam narasumber, Prasojo masih muda namun sukses dalam menata karir juga memotivasi para Siswa-siswi dan pemaparan tata cara untuk masuk ke perguruan tinggi atau STAN serta mekanisme untuk jauh lebih terarah menentukan pilihan setelah lulus sekolah.prasojo juga menjelaskan seputar Bank Indonesia dan bercerita peluang bekerja di Bank Indonesia ataupun perbankan lainnya dan mengatakan kepada para peserta jika ingin mencapai kesuksesan,tentukan sikap susun perencanaan secara sistematis dan belajar bersungguh-sungguh dan tetap jangan pernah melakukan tindak kriminal dengan penyalahgunaan narkoba.

Narasumber berikutnya Surya Dharma perwakilan dari Kantor Pelayanan Pajak Pematang Siantar. Pada kesempatan tersebut turut memotivasi Siswa-siswi SMA Dharma Budi setelah lulus untuk selalu memilki cita-cita dan harapan,dan memberika cara atau trik khusus agar dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan serta mengajak anak anak didik untuk menjauhi narkoba, kesusksesan akan menghampiri jika benar benar menjauhi narkoba.

Dari kalangan pengusaha yang sukses Slamat Suryadi S.Pd.I yang merupakan Owner Taqoma yang suskses dibidang penangkaran lebah madu dan menjadi ketua Ikatan Lebah Madu Indonesia Region Sumatera Utara yang sudah menjadi mitra binaan BI dan Instansi Lainya menjelaskan tetang sejarah kehidupannya yang berlatar belakang dari keluarga sederhana namun kegigihan mulai dari sekolah sampai lulus SMA dan lulus dari STAI UISU Pematang Siantar, hingga jualan roti bakar di lingkungan sekolah hingga proses kesuksesan yang diraih saat ini, berkat dari niat dan manajemen diri serta menjauhi Narkoba. Dan memberikan pilihan jika sudah lulus peluang membuka usaha juga baik,dengan aktif di kegiatan positif maka terhindar dari narkoba.

Pihak Sekolah YPI Dharma Budi Yang dihadiri oleh Farizal SE selaku yayasan mengatakan ucapan terimakasih kepada panitia maupun Narasumber akan kegiatan tersebut sebab memilih sekolah tersebut dalam kegiatan yang positif dan membangkitkan semangat bagi para Siswa-siswinya untuk selalu giat belajar dan membantu untuk menentukan harapan dan cita-cita melalui motivasi dan pemaparan dari semua Narasumber.

Kegiatan cukup memberikan kesan tersendiri bagi para peserta didik dengan menghadirkan narasumber yang mampu memotivasi para siswa siswi dalam realita kehidupan.

Antusias peserta dan seluruh kegiatan dengan interaksi Tanya jawab dari peserta dan narasumber, panitia memberikan cenderamata dan hadiah kepada peserta yang berinteraksi yang disampaikan oleh Narasumber.

Camat Sidamanik Juliana F.,S.IP,M.Si diakhir acara mengucapkan terimakasih kepada para panitia atau pegiat kegiatan ini,beliau merasa senang dan bangga karena program tersebut cukup terarah dan memilki khas tersendiri dengan program sosialisasi bahaya Narkoba namun dikolaborasikan dengan Instansi yang ada cukup unik sebab lebih ke dampak sosial dan ekonomi,sehingga para peserta dapat menikmati dan suasana lebih hidup,serta memotivasi anak anak untuk menentukan pilihan setelah lulus sekolah nantinya, 

Juliana berharap agar kedepan kegiatan seperti ini tetap berkelanjutan disekolah sekolah lain dan menghimbau kepada peserta untuk tidak mencoba masuk kedalam dunia narkoba.

Dalam hal ini kedepan panitia atau pegiat kegiatan menjadikan agenda yang berkelanjutan dan mengajak bagi semua kalangan dan kaum milenial untuk bekerjasama bergabung dalam berbuat kebaikan dan berguna,berbuat hal positif sekecil apapun ditengah tengah masyarakat. (Pran)















Posting Komentar

0 Komentar